Arsitektur Sistem Pakar


  Arsitektur sistem pakar  dapat dilihat pada gambar 1 di bawah ini dimana sebuah sistem pakar terdiri dari tiga modul utama,yaitu: knowledge base, working memory  dan inference engine yang merupakan bagian utama dari sebuah sistem pakar. Sedangkan bagian-bagian selain ketiga komponen utama itu adalah :  user interface, developerinterface, explanation facility,  dan  external  program.


Gambar 1. Arsitektur Sistem Pakar
Keterangan :
  • Knowledge base adalah  representasi pengetahuan dari seorang atau beberapa pakar yang diperlukan untuk memahami,memformulasikan dan memecahkan ma-salah.  Dalam hal ini digunakan untuk memecahkan masalah-masalah yang ter-jadi pada komputer.  Knowledge base initerdiri dari dua elemen dasar, yaitu fakta dan rules.
  • Inference engine merupakan otak darisistem pakar yang mengandung meka-nisme fungsi berpikir dan pola-polapenalaran sistem yang digunakan olehseorang pakar. Mekanisme ini yangmenganalisis suatu masalah tertentu dankemudian mencari solusi atau kesim-pulan yang terbaik.
  • Working Memory  merupakan tempat penyimpanan fakta-fakta yang diketahuidari hasil menjawab pertanyaan.
  • User/developer interface. Semua  soft-ware pengembangan sistem pakar mem-berikan interface yang berbeda bagi  userdan  developer.  User akan berhadapan dengan tampilan yang sederhana dan mudah sedangkan  developer akan ber-hadapan dengan  editor dan  source codewaktu mengembangkan program.
  • Explanation facility memberikan pen-jelasan saat mana  user mengetahui apakah alasan yang diberikan sebuah solusi.
  • External programs. Berbagai program seperti  database, spreadsheets, algo-rithms, dan lainnya yang berfungsi untukmendukung sistem.


Posting Komentar

2 Komentar