ane gak tau sumber nya mna... yg jelas ane bca
waktu itu dari kaskus. ni langsung ajha.
tpi bagaimana untuk kita dengan uang yg terbatas
? tentu itu akan menjadi masalah..
Berikut tipsnya korek harian satria Fu:
Langkah Pertama
Langkah pertama yg paling gampang, ganti Pilot
jet dengan ukuran 17.5, bisa pake punya shogun lama. Harga sekitar 30rb,merk
thailand 50rb. Klo mau lebih murah pake merek Kitaco harnganya 17,5ribuan
Langkah Kedua
Lepas paking kepala silinder, pake 1 lapis aja
yang tengah, langkah ini berarti naikin rasio kompresi dari standarnya 10,2
menjadi sekitar 11,4. Langkah ini sih ke bengkel aja, misalnya sekalian pas
servis besar. Klo mau naikin kompresinya lebih tinggi lagi, paking blok bawah
bisa dilepas dan ga usah pake paking, cukup pake lem paking aja (yang atas
tetep pake 1 paking), trik ini dah dicoba mekanik jogja dan terbukti piston gak
tabrakan dengan klep ataupun ada kebocoran oli.
Porting lubang in & out. Lubang in dan out
masing-masing di gedein diameternya 1 mm Yang ini juga harus ke bengkel.
Beberapa bengkel top mematok harga 300rb hingga 500rb. Tapi bengkel2 balap
rumahan palingan 100rb.
Langkah Keempat
Ganti karbu (Klo ini langkah nomor 1 ga perlu),
saran pake punya RX King (karena murah, dan cocok dan bisa langsung pasang ke
intake manifold dan filter udara standar), spuyer bisa coba PJ 20 MJ 135,
setelan udara 1,5 putaran berlawanan arah jarum jam (plis note tiap motor bisa
beda2), posisi klip jarum skep di ulir nomor 2 dari atas. Alternatif lain bisa
juga pake punya NSR SP yakni Keihin PE 28 harga barunya 600 rbuan yang Thailand
(Awas barang palsu china). Klo ganti karbu, sebaiknya juga pasang keran bensin
model kompresor buat gantiin aslinya yang model vakum…biar aliran bensin
lancar…
Langkah Kelima
majuin gigi TOP 1 mata, ini berarti majuin waktu
buka tutup katub masuk dan buang. Kalo mau lebih advance lagi setingannya
adalah klep masuknya dimajuin 1 mata trus buangnya dimundurin 1 mata…istilah
teknisnya buat nyempitin LSA-nya (Lobe Separation Angle…buat optimalkan proses
pembilasan di putaran tinggi.), hasilnya juga mantap tapi kerenggangan klep
harus dibikin lebih sempit (jadi in 0,07 mm dan out 0,1 mm) dari ukuran
standarnya dengan cara mainin tebal shim-nya. Yang ini jelas mending ke bengkel
aja deh…trus bengkelnya juga harus yang jago.
Langkah Keenam
lepas saringan udara (klo dah ganti karbu), yang
dilepas hanya elemen saringan udaranya aja…itu tuh yang ada ada kertas saringanya.
Sedangkan boknya masih terpasang dan tersambung ke karbu . Kalo masih tetap mau
andalkan karbu standar maka saringan satndar masih dapat dipakai/dipasang tapi
kertasnya di lubangi dibeberapa tempat, guntingin aja, palingan 3 lubang ukuran
0,5 x 4 cm (panjang x tinggi).
Langkah Ketujuh
potong kabel koil 2 cm (untuk ngurangin
resistensi kabel sekitar 10%), Bisa dilakuin sendiri. Ingat masang kabelnya
lagi harus bener2 kuat, caranya ditusukin dan diputar hingga ngedrat.
Langkah Kedelapan
ganti pake busi Iridium (saran yang agak murah
pake merek Sindengen/SDG 30rb) hasilnya lumayan. Klo mau tetep pake busi
standar juga gapapa, cuman atur lagi celahnya jadi 0,9 – 1 mm
Langkah Kesembilan
oli pake yang khusus motor (merek apa aja yang
penting asli), trus pake yang 10/40.
Langkah kesepuluh
ganti knalpot free flow, saran yang murah dan
cukup ampuh, atau AHAU 400rb,SKR 375rb,Creampie 250rb .yang jelas tampilan jadi
lebih sangar bin bengis karena bahan knalpot dari pelat yang di pernis doang
plus coklat-coklat kaya karatan …jauh dari kesan klimis yang sering ditimbulkan
bila pake knalpot aluminium atau krom…hehehe…no offense ya buat yang pake
knalpot mahal 2 )saran pake R9 New Mugello
Langkah Kesebelas
Posisi as roda pada penyetel kekencengan rantai
diusahakan pada posisi sedepan mungkin, klo perlu potong 2 mata rantainya.
Keuntungannya, jarak poros roda depan belakang makin pendek jadi motor lebih
lincah bermanuver..khasiat lainnya buat mengurangi bunyi-bunyian dirantai
karena rantai beradu dengan lengan ayun.
Langkah Keduabelas
Per kopling di ganjel kurang lebih 1 mm, bisa
pake potongan per kopling (bisa pake punya motor apa aja asal diameter sama,
harga palingan 15 ribuan), tapi mesti ditipisin pake gerinda dulu biar ga
ketebelan. Langkah ini sebaiknya dibengkel aja deh. Trus di ujung kabel kopling
yang di atas bak mesin, diujungnya dipakein per yang sering dipakai di rem
teromol (harga 5 ribuan) untuk ngedorong tuas pengungkit kopling agar baliknya
cepet. Hasilnya kopling jadi cepet baliknya dan motor langsung loncat begitu
kopling dilepas….yang jelas kedua langkah ini bisa juga diganti dengan pasang
per kopling racing (100 – 150 rb, tapi awas, beberapa pemakai per kopling
racing mengeluh motornya cuman enak 3 bulan, abis itu per jadi lembek dan
kurang nendang lagi….per kopling standar terutama yang CBU kayanya lebih
durable dan dengan diganjel, kekerasannya akan setara dengan per racing). Tapi
perhitungkan efek sampingnya yakni jari tangan kiri jadi pegel2 klo lewat jalan
macet.
Langkah Ketigabelas
Pulser digeser 1 ampe 2 mili.. Suruh orang
bengkel aja yang mundurin.
Langkah Keempatbelas
nah klo semua langkah diatas atau beberapa udah
dilakukan pasti performa motor dah melonjak. Tapi khusus untuk temen2 di
Jakarta ato daerah yang ramai dalam artian trek lintasan pendek2 yang
mengakibatkan ga bisa leluasa pol gas di gigi 5 ato 6…maka disarankan ganti gir
depan pake yang 13 mata (standarnya 14 mata) bisa pake punya yamaha crypton ato
F1ZR…beli aja yang buatan aspira atau indopart cumin 30 ribuan…hasilnya motor
lebih narik lagi ampe gigi 6 sekalipun. Langkah ini tidak mengurangi Top Speed
secara signifikan (lagian kan disaranin buat yang sering kena macet jadi ga
pernah nge-top speed..hehe) malahan justru bikin motor lebih cepat menggapai
top speed
Performa: gigi 4=120 kpj (mentok limiter) gigi
5=135 kpj gigi 6=Coba saja sendiri di jalan yang sepi untuk full throttle
hehhe.
semoga berguna..
0 Komentar