Pengertian Dan Contoh Bacth System

Nama                    : Lukman Reza

NIM                       : 10018148

 

TUGAS SO 3

 

Soal:

1.       Coba jelaskan pengertian di bawah ini dan berikan contoh:

a. Batch system

b. Multiprogramming system

c. Multitasking

d. Real time system

2.       Berikan penjelasan mengenai perbedaan sistem operasi untuk system parallel prosesor, system terpusat, dan terdistribusi. Berikan contohnya.

3.       Jelaskan cara kerja system batch secara lengkap

4.       Apa perbedaan antara system operasi terpusat dan terdistribusi? Jelaskan

 

Jawab :



1.       Pengertian:

a.       Batch System Adalah suatu perintah yang mirip, yang dikumpulkan dan dijalankan secara berkelompok kemudian setelah kelompok dijalankan tadi selesai maka secara otomatis kelompok lain dijalankan secara berurutan.

Contoh : E-mail dan transaksi batch processing. Dalam suatu sistem batch processing, transaksi secara individual dientri melalui peralatan terminal, dilakukan validasi tertentu, dan ditambahkan ke transaction file yang berisi transaksi lain, dan kemudian dientri ke dalam sistem secara periodik. Di waktu kemudian, selama siklus pengolahan berikutnya, transaction file dapat divalidasi lebih lanjut dan kemudian digunakan untuk meng-up date master file yang berkaitan.

 

b.      Multiprogramming system adalah suatu metode yang memungkinkan dua buah program atau lebih dijalankan secara serentak dalam sebuah komputer dan berbagai sumber daya dalam waktu yang berlainan.

Contoh : Menjalankan program Microsoft Powerpoint bersamaan dengan Live Zoom

 

c.       Multitasking adalah sebuah metode dimana banyak pekerjaan atau dikenal juga sebagai proses diolah dengan menggunakan sumber daya CPU yang sama.

Contoh sistem operasi jenis ini antara lain adalah linux. Linux adalah sistem operasi yang multitasking danmultiuser seperti kebanyakan SO yang ada pada saat ini. Multitasking pada linux artinya linux bisa atau mampu menjalankan beberapa proses dalam waktu yang bersamaan.

 

d.      Real time system adalah Sistem yang harus menghasilkan responyang tepat dalam batas waktu yang telah ditentukan. Jika respon komputer melewati batas waktu tersebut, maka terjadi degradasi performansi atau kegagalan sistem.Sebuah Real time system adalah sistem yang kebenarannya secara logis didasarkan pada kebenaran hasil-hasil keluaran sistem dan ketepatan waktu hasil-hasil tersebutdikeluarkan. Aplikasi penggunaan sistem seperti ini adalah untuk memantau danmengontrol peralatan seperti motor, assembly line, teleskop, atau instrumen lainnya.Peralatan telekomunikasi dan jaringan komputer biasanya juga membutuhkan pengendalian secara Real time.

Contoh adalah pemesanan tiket pesawat on line.

 

2.       Perbedaaan :

a.       Sistem paralel adalah sistem yang mempunyai lebih dari satu prosessor yang dapat berkomunikasi, membagi bus, clock dan juga perangkat memory dan peripheral. Sistem ini disebut sebagai tightly coupled system.

Contoh : sistem UNIX versi Encore’s untuk komputer Multimax Komputer dapat dikonfigurasikan untuk menangani satu lusin prosessor, semua menjalankan UNIX.

 

b.      Sistem operasi terpusat adalah sistem operasi yg dapat menangani multiprocessor di mana semua processor menggunakan satu memori utama.

Contoh : Multiprocessing IMB System/370

 

c.       Sistem operasi terdistribusi adalah sistem operasi yg dapat menangani multiprocessor dimana masing-masing processor memiliki memori utama sendiri.

Contoh : pada Sistem Windows sering terjadi membagi data atau transfer data antara display. Jika beberapa site dihubungkan dengan lainnya dengan jaringan komunikasi, prosessor pada site yang berbeda dapat menukar informasi. User melakukan transfer file atau komunikasi dengan user lain melalui electronic mail. Seorang user dapat mengirim mail ke user lain pada site yang sama atau site yang berbeda.

 

3.       Cara Kerja system batch:

a.       Pertama-tama, pada sistem batch ini data-data yang ada dikumpulkan dan dihumpun menjadi satu kelompok untuk dimasukkan dalam database.

b.      Ketika dimasukkan dalam database, akan terjadi update master file untuk memastikan semua data dalam keadaan baik dan dicek ulang dan disortir juga sebelum dikirim pada database.

c.       Apabila terdapat data yang tidak valid akan dimasukkan dalam error report dan biasanya ditujukan pada aplikasi yang berjumlah transaksi sangat besar.

d.      Batch system ini sering digunakan pada pembaharuan tiga file master yaitu piutang, persediaan, dan analisis penjualan.

e.      Batch proses akan dilakukan dengan siklus harian dan dilakukan setiap hari. Kelemahan dari sistem ini adalah adanya kemungkinan manajemen data yang diberikan tidak memiliki informasi akurat yang menggambarkan sistem fisik perusahaan itu sendiri.

 

4.       Perbedaaan SO Terpusat dan terdisitribusi:

a.       Sistem Operasi Terpusat adalah sistem operasi yang dapat menangani multiprosesor dimana semua prosesor menggunakan satu memori utama. Sebuah prosesor sebagai master dan yang lainnya sebagai slave.

b.      Sistem Operasi Terdistribusi adalah sistem operasi yang dapat menangani multiprocessor dimana masing-masing processor memiliki memori utama sendiri.


Posting Komentar

1 Komentar