Komponen Penting Dalam CPU

1. HARDDISK
  • harddisk merupakan ruang simpan utama dalam sebuah komputer. disitulah seluruh sistem operasi dan mekanisme kerja komputer dijalankan, setiap data dan informasi disimpan.
  • 1.1 harddisk
  • HardDisk terdiri atas beberapa komponen penting.komponen utamanya adalah plat yang berfungsi sebagai penyimpan data. Plat ini adalah suatu cakram padat yang berbentuk bulat datar. Plat ini ditempatkan dalam suatu poros yang disebut Spindle. 
2. RAM
    RAM (Random acces memory) ialah salah satu ingatan utama bagi komputer. Posisi RAM berdekatan dengan prosesor. ini penting agar data diantara RAM dan prosesor dapat dihantar dengan pantas.
2.1 Pemasangan RAM
    Fungsi RAM sendiri adalah memegang arahan dan data yang akan diproses oleh prosesor. RAM bersifat Volatile, yaitu data yang tersimpan dalam RAM akan hilang apabila komputer dimatikan. 
     
     
     
3. Input Output Device
Input Output device merupakan penghubung antara komputer PC dengan peralatan lain. I/O Device umunya terdapat  pada bagian belakang CPU.

1.  bagian teratas terdapat 2 port yg biasa disebut  PS/2. berfungsi sebagai penghubung dari mouse/keyboard.
2.  dibawah PS/2 keyboard terdapat Serial port untuk Modem, kemudian dibawahnya biasanya terdapat VGA port. tepat disamping serial dan VGA port terdapat LPT1 Printer, sbgai penghubung dengan printer(sudah kurang yang menggunakannya).
3. Kemudian, biasanya terdapat 2 baris USB port. Namun, disamping USB port terdapat pula Ethernet port yang biasanya digunakan untuk menghubungkan antara 1 komputer dengan lainnya.

4. Bagian yang paling di senangi adalah barisan port ini. Karena di barisan ini terdapat 3 port yang fungsinya berbeda-beda. port terpinggir adalah untuk penggemar karaoke. Port ini menghubungkan Microphone dengan komputer anda. Namun itu tidak berguna tanpa adanya port yg ditengah. Port ini berfungsi untuk menghubungkan speaker dg komputer anda. Port berikut jarang digunakan karena port ini berfungsi untuk mengambil suara dari komputer lain.




    Posting Komentar

    0 Komentar